Resep Abon Daging

100.000 Resep Masakan Indonesia - Kumpulan Resep Abon Daging bagi khusus bagi anda yang ingin mengolah / belajar memasak maka Cara Membuat dan Resep Abon Daging ini bisa bermanfaat bagi anda

Mau tau Cara Membuat Abon Daging?  Berikut ini cara sederhana untuk membuat dan Resep Masakan Abon Daging sederhana
Bahan Bahan Dasar Untuk Membuat abon daging :
  • Daging (10 kg)
  • Bawang merah (1 kg). Sebanyak 750 gram dari bawang ini dijadikan bawang goreng.
  • Bawang putih (400 gram)
  • Bubuk ketumbar (50 gram)
  • Lengkuas (50 gram)
  • Daun salam (15 lembar)
  • Sereh (7 potong)
  • Gula pasir (750 gram)
  • Asam jawa (50 gram)
  • Santan kental (2000 ml)
Cara Membuat abon daging :
  1. Penyiapan siuran daging. Daging dipotong-potong kemudian direbus selama 1 jam. Setiap 1 kg daging direbus dengan ½ liter air. Setelah itu, daging disiur-siur dan ditumbuk dengan pelan-pelan sehingga berupa serat-serat halus.
  2. Penyimpan bumbu dan santan. Lengkuas dan sereh dipukul-pukul sampai memar. Bawang merah (350 gram), bawang putih dan ketumbar digiling halus, kemudian ditumis. Setelah agak harum, ditambahkan santan kental, lengkuas, asam jawa, gula, daun salam dan sereh. Pemanasan diteruskan sampai mendidih dan volume santan tinggal setengahnya.
  3. Pemasakan abon : a) Siuran daging dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam santan mendidih. Api dikecilkan sekedar menjaga santan tetap mendidih. Pemanasan yang disertai pengadakan dilakukan sampai bahan setengah kering. Hasil yang diperoleh disebut dengan abon lembab. b) Abon lembab diangkat, kemudian digoreng di dalam minyak panas (suhu 1700C) sampai garing (bila diremas berkemerisik).
  4. Penirisan. Abon panas yang baru diangkat dari minyak harus segera ditiriskan. Penirisan dianjurkan dengan menggunakan alat peniris sentrifugal, alat pres ulir, atau alat pres hidrolik. Setelah ditiriskan dengan alat peniris sentrifugal, atau alat pres, abon dipisah-pisah.
  5. Pencampuran dengan bawang goreng. Abon yang telah ditiriskan dicampur dengan bawang goreng. Hasil yang diperoleh disebut abon daging.
  6. Pengemasan. Abon daging dikemas di dalam kemasan yang tertutup rapat. Kantong plastik merupakan salah satu kemasan yang cukup baik digunakan untuk mengemas abon.


Katagori Resep :
Terimakasih Kasih telah membaca Resep Abon Daging. Jika referensi tentang Cara Membuat dan Resep Abon Daging ini bermanfaat untuk anda, jangan sungkan untuk menshare dengan tombol share di Atas . Semoga Resep Abon Daging Bisa memperkaya referensi resep masakan yang anda miliki
Judul: Resep Abon Daging.
Rating: 98% based on 9582388 ratings. 5 user reviews.
review dari :Unknown