Resep Nasi Langgi Gurih

100.000 Resep Masakan Indonesia - Kumpulan Resep Nasi Langgi Gurih bagi khusus bagi anda yang ingin mengolah / belajar memasak maka Cara Membuat dan Resep Nasi Langgi Gurih ini bisa bermanfaat bagi anda

Resep Masakan Nasi Langgi
Bahan :


    500 gram beras, cuci, tiriskan
    450 ml santan dari 1/2 butir kelapa
    3 cm lengkuas
    1 batang serai, memarkan

Bumbu Halus:

    2 siung bawang putih
    5 buah bawang merah
    1 sendok teh ketumbar, sangrai
    1/2 sendok teh garam

Pelengkap :
    terik daging
    kering tempe
    daun kemangi
    serundeng kelapa
    irisan ketimun
    cabai goreng udang
    irisan telur dadar

Cara Membuat:

Kukus beras setengah matang (25 menit). Didihkan santan dengan bumbu halus, lengkuas, serai, dan garam, masukkan beras setengah matang, masak sampai santan habis terserap. Kukus matang.
Terik daging : haluskan 1 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh jintan, 5 buah bawang merah, 1 siung bawang putih, tumis dengan 3 sendok makan minyak hingga harum dan kering.
Masukkan 1 batang serai dan 1 cm lengkuas yang dimemarkan, 2 lembar daun salam, 500 gram daging sapi yang dipotong-potong, aduk rata. Tambahkan 750 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh air asam, dan sedikit gula merah. Masak dengan api kecil hingga santan habis dan daging lunak.
Kering tempe : dengan 3 sendok makan minyak goreng, tumis irisan: 2 buah cabai merah, 5 buah bawang merah dan 2 siung bawang putih, 1/2 terasi, 2 lembar daun salam, 1 cm lengkuas yang dimemarkan hingga harum dan layu. Masukkan 250 gram potongan tempe yang sudah digoreng kering, aduk rata. Tambahkan 250 ml air, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh kecap manis, 1 sendok teh air asam, dan sedikit gula merah. Masak dengan api kecil hingga air habis.
Serundeng kelapa : parut kasar 1/2 butir kelapa sedang. Haluskan: 1 sendok teh ketumbar, 5 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 1/2 sendok teh garam, 1 sendok teh air asam, campurkan dengan parutan kelapa hingga rata. Tambahkan 1 cm lengkuas yang dimemarkan, 2 lembar daun salam, dan 1 lembar daun serai. Campur rata kelapa parut dan bumbu, sangrai dan aduk-aduk dengan api sedang, hingga agak kering dan kecokelatan. Masukkan 1 sendok makan gula merah iris halus, aduk rata. Angkat setelah gula larut.
Cabai goreng udang : dengan 3 sendok makan minyak goreng, tumis irisan: 10 buah cabai merah tanpa biji, 5 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 cm lengkuas yang dimemarkan, dan 2 lembar daun salam hingga harum dan layu. Masukkan 250 gram udang kupas, aduk rata. Tambahkan 1/2 sendok teh garam, masak hingga matang, angkat.


Katagori Resep :
Terimakasih Kasih telah membaca Resep Nasi Langgi Gurih. Jika referensi tentang Cara Membuat dan Resep Nasi Langgi Gurih ini bermanfaat untuk anda, jangan sungkan untuk menshare dengan tombol share di Atas . Semoga Resep Nasi Langgi Gurih Bisa memperkaya referensi resep masakan yang anda miliki
Judul: Resep Nasi Langgi Gurih.
Rating: 98% based on 9582388 ratings. 5 user reviews.
review dari :Unknown