Resep Masakan Soto Makasar

100.000 Resep Masakan Indonesia - Kumpulan Resep Masakan Soto Makasar bagi khusus bagi anda yang ingin mengolah / belajar memasak maka Cara Membuat dan Resep Masakan Soto Makasar ini bisa bermanfaat bagi anda


Bahan :
-  500 gr daging dan jeroan sapi, bersih dan siap pakai
-  Air untuk merebus
-  ½ sendok teh garam
-  4 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
-  3 batang serai, memarkan
-  2 sendok teh air jeruk nipis
-  1 sendok makan daun bawang iris
-  1 sendok makan seledri iris
Bumbu :
-  ½ sendok makan ketumbar sangrai
-  ¼ sendok teh jintan
-  1 sendok teh merica
-  1 cm. lengkuas
-  3 siung bawang putih
-  2 sendok teh garam
-  2 sendok makan kacang tanah kupas, sangrai
Sambal taoco :
-  2 buah cabe merah
-  6 buah cabe rawit
-  4 butir bawang merah
-  4 sendok makan taoco
-  2 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
-  100 ml. air
-  2 sendok makan gula pasir
Cara Memasak Coto Makasar :
1. Rebus daging dan jeroan secara terpisah dalam air secukupnya, bubuhkan garam. Setelah bahan empuk, angkat jeroan, buang kaldu jeroan. Angkat daging dari air perebusnya, lalu ukur kaldu daging sebanyak 1500 ml.
2. Potong-potong daging dan jeroan bentuk dadu ukuran 1 ½ cm, masukkan kembali ke dalam kaldu daging. Jerang diatas api.
3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus, masukkan serai, aduk hingga harum, angkat. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci kaldu. Didihkan dan masak di atas api hingga kuah tinggal ± 1000 ml. dan bau langu bumbu hilang, angkat atau matikan api. Masukkan air jeruk nipis, aduk.
4. Sambal taoco : gerus cabe, bawang merah hingga halus, masukkan taoco, gerus kasar. Tumis hingga harum, masukkan air dan gula, masak hingga kental, angkat.
5. Penyajian : Taruh coto dalam mangkuk saji beserta daging dan jeroannya. Taburi bawang goreng, daun bawang, dan seledri iris. Hidangkan selagi hangat dengan dengan sambal taoco dan ketupat.


Katagori Resep :
Terimakasih Kasih telah membaca Resep Masakan Soto Makasar. Jika referensi tentang Cara Membuat dan Resep Masakan Soto Makasar ini bermanfaat untuk anda, jangan sungkan untuk menshare dengan tombol share di Atas . Semoga Resep Masakan Soto Makasar Bisa memperkaya referensi resep masakan yang anda miliki
Judul: Resep Masakan Soto Makasar.
Rating: 98% based on 9582388 ratings. 5 user reviews.
review dari :Unknown